Tips Mengolah Daging Kambing Supaya Tidak Bau Prengus

harga paket aqiqah

Daging kambing dikenal mempunyai kandungan protein yang berkualitas dan tidak gampang lenyap. Selain itu daging kambing juga lebih mudah dicerna dibandingkan dengan daging sapi. Terdapat banyak manfaat ketika kita mengonsumsi olahan daging kambing. Diantaranya adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagai sumber energi, mencegah anemia, dan masih banyak lainnya. Di sisi lain, daging kambing memiliki aroma prengus dan daging yang cukup alot. Inilah mengapa ada banyak orang yang tidak suka dengan olahan daging kambing. Kesalahan dalam mengolah daging kambing menjadi salah satu penyebab bau prengus tidak bisa hilang. Juga akan membuat daging tidak bisa empuk.

Apabila Anda merasa kesulitan ketika ingin mengolah daging kambing supaya tidak bau prengus dan empuk. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dimanfaatkan.

  1. Menghilangkan Lemak Daging

Lapisan lemak yang menempel di daging kambing adalah salah satu penyebab bau prengus. Umumnya lemak daging kambing ini warnanya putih dan menempel pada daging. Anda bisa mengiris dan membuang lemak tersebut sebelum diolah. Tetapi lemak biasanya mampu menghasilkan rasa gurih ketika daging kambing diolah. Jadi daging kambing tidak harus benar-benar bebas lemak. Lemak yang menempel bisa dikurangi saja. Nantinya bau prengus pada daging kambing juga akan berkurang.

  1. Jangan Mencuci Daging Kambing

Biasanya daging yang akan dimasak dicuci terlebih dahulu. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk daging kambing. Ketika daging kambing dicuci, hal ini akan membuat bau prengus menjadi lebih tajam dan membuatnya jadi semakin alot. Oleh sebab itulah kebanyakan daging kambing akan langsung direbus, nantinya air rebusan dibuang dan dagingnya diolah. Atau mengurangi lapisan lemak yang terdapat pada daging kambing.

  1. Menggunakan Jeruk Nipis

Masih ada cara lain yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Yakni menggunakan jeruk nipis. Dengan menggunakan jeruk nipis maka akan membuat bau amis menjadi berkurang, sebab jeruk nipis bisa membunuh bakteri. Jika daging kambing sudah terlanjur dicuci, menggunakan jeruk nipis menjadi pilihan tepat. Untuk caranya adalah dengan membalurkan perasan jeruk nipis pada daging dan diamkan sekitar setengah jam. Selain itu jeruk nipis, garam pun juga mampu mengurangi bau amis. Anda bisa membaluri daging dengan garam, kemudian diamkan sekitar satu jam.

  1. Gunakan Daun Pepaya

Daun pepaya dipercaya mampu membuat tekstur daging kambing jadi empuk. Kandungan zat papain yang terdapat dalam daun pepaya bisa membuat daging kambing menjadi empuk tanpa harus berlama-lama ketika dimasak. Daun pepaya tidak perlu dicuci, kemudian remas dan bungkus daging kambing sudah dipotong bersama dengan daun pepaya. Kemudian diamkan sampai satu jam. Selain menggunakan daun pepaya, nanas juga bisa dijadikan alternatif untuk membuat daging kambing menjadi lebih empuk. Buah nanas pun tidak hanya digunakan untuk membuat daging kambing empuk. Namun juga daging lain yang dinilai alot.

  1. Rebus bersama Rempah

Selagi merebus, untuk menghilangkan bau prengus daging kambing juga bisa menambahkan rempah-rempah. Misalnya daun jahe, serai atau kemangi. Remah-rempah ini mampu mengeluarkan wangi dan mengurangi bau amis pada daging kambing. Selanjutnya, daging kambing bisa diolah seperti biasa tanpa takut bau prengus akan datang lagi.

Menu Daging Kambing yang Sering Diolah

Masyarakat Indonesia umumnya menikmati olahan daging kambing ketika perayaan Idul Adha atau acara aqiqah. Namun sebenarnya sudah ada banyak tempat makan yang juga menyediakan olahan daging kambing untuk memenuhi permintaan banyak orang. Selain itu, Anda pun bisa mengolah sendiri daging kambing ini menjadi berbagai menu masakan yang mudah dan simpel. Berikut ini terdapat beberapa menu olahan daging kambing yang terbilang mudah dan sering dimasak.

  1. Gulai

Untuk Anda yang suka dengan olahan berkuah, maka gulai menjadi salah satu olahan simpel yang bisa dicoba. Santan kuning dengan potongan daging kambing ini cocok disajikan bersama ketupat atau lontong. Tapi juga bisa disajikan dengan nasi yang masih hangat. Anda bisa menikmati gulai ini untuk makan siang atau makan malam. Pembuatan gulai kambing ini tidak hanya bisa dari potongan daging kambing saja. Tetapi juga bisa dari bagian lainnya seperti tengkleng, kikil, sampai jeroan yang dimasak sampai empuk. Jika suka, maka bisa menambahkan beberapa buah cabai rawit utuh ke dalam rebusan gulai supaya lebih pedas dan segar.

  1. Tongseng

Merupakan olahan daging kambing yang cukup populer. Tongseng ini dibuat dari potongan daging sampai tengkleng atau tulang kambing. Untuk membuat tongseng ini dimasak dengan santan, kecap, dan repah lainnya. Dengan begitu bisa menghasilkan cita rasa gurih sedikit manis dengan aroma enak dan membuat siapa saja ketagihan mencoba menikmatinya. Biasanya tongseng juga disajikan dengan potongan kol dan tomat, dengan begitu tidak akan membuat rasa enek saat dimakan. Olahan daging kambing ini bisa disajikan bersama dengan nasi hangat atau potongan lontong lembut.

  1. Sate

Adalah salah satu jenis olahan daging kambing yang populer dan banyak memiliki penggemar. Terutama pada orang dewasa. Potongan daging kambing yang diberikan bumbu, ditusuk dengan bambu dan dibakar. Menghasilkan olahan daging kambing yang enak dengan rasa nikmat. Meskipun terbilang standar, namun sate menjadi salah satu makanan yang terkenal sampai mancanegara. Sate ini bisa dinikmati dengan bumbu kecap atau bumbu kacang sesuai selera.

  1. Semur

Jika Anda tidak suka dengan olahan daging kambing yang beraroma menyengat, maka olahan semur daging kambing bisa jadi alternatifnya. Perpaduan dari berbagai macam bumbu dan rempah seperti pala, kayu manis, daun salam, cengkeh dan kecap bisa ampuh menyamarkan aroma prengus. Proses mengolahnya yang cukup lama pun akan membuat tekstur daging kambing menjadi lebih lembut ketika disantap. Anda bisa menikmati semur daging kambing ini untuk makan siang atau makan malam bersama dengan keluarga.

  1. Tumis Kambing Kecap

Apabila Anda tidak ingin repot memasak daging kambing yang aneh-aneh, maka tumis kambing kecap adalah alternatif paling tepat. Sesuai dengan namanya, membuat olahan in pun cukup mudah. Anda hanya perlu memotong daging kambing sesuai selera, lalu tumis bersamaan dengan bawang dan cabai rawit sampai harum. Jika dirasa sudah mulai matang tambahkan kecap dan masak lagi sampai daging kambing benar-benar menjadi empuk. Untuk menambah aroma, bisa ditambahkan rempah-rempah lain. Misalnya serai, daun jeruk dan lengkuas. Saat tumis kambing kecap sudah matang, taburkan daun bawang dan bawang goreng untuk menambah cita rasa gurih dan lezat.

  1. Nasi Goreng

Siapa bilang nasi goreng hanya bisa ditambahkan suwiran ayam saja. Buktinya nasi goreng dengan tambahan daging kambing juga juara rasanya. Untuk mengolahnya pun praktis dan bisa cepat. Gunakan daging kambing yang mempunyai tekstur lembut, jadi tidak kenyal ketika disajikan. Sebelum membuat nasi goreng, tumis daging kambing dengan bumbu sampai matang sebelum ditambah dengan nasi. Dengan begitu nasi goreng yang dibuat akan lebih lembut dan tidak bau prengus.